Mengapa perlu kreatif?

Era globalisasi dan perdagangan bebas menyebabkan persaingan antar individu semakin kuat. Terkadang persaingan tersebut berjalan secara tidak sehat. Individu yang benar-benar hebat adalah mereka yang dapat bersaing dengan ide dan originalitasnya. Ide kreatif dan originalitas karakter adalah 2 kunci fundamental, menurut saya. Mengapa? Alasannya adalah kreativitas dan karakter seseorang tidak dapat dicuri atau diduplikasi dari dirinya oleh orang lain. Ide kreatifnya mungkin saja dicuri orang lain, tapi orang kreatif pasti melahirkan ide-ide baru yang belum sempat terpikirkan pihak lawan. Otak orang kreatif selalu berkata “inovasi….inovasi….inovasi”, tidak pernah ada kata mati untuk inovasi.

Karakter seseorang TIDAK mungkin ditiru. Karakter terbentuk dari lingkungan, pengalaman, prinsip hidup, dan hal-hal personal lainnya jadi antara satu individu dengan individu lainnya pasti berbeda. Secara tidak langsung, karakter adalah pembawaan diri yang terbentuk dari kecil. Karena itu, karakter tidak dapat dipaksakan, bisa dibilang terbentuk secara alamiah. Rasanya tidak mungkin ada orang bisa memaksakan karakter yang diinginkannya untuk orang lain atau bahkan untuk dirinya sendiri. Sekali pun seseorang mengidolakan orang lain dan ingin mempunyai karakter seperti idolanya tersebut, tetap saja tidak akan 100% sama. Karakter itu ORIGINAL.  Walaupun tidak semua karakter yang ada di dalam diri kita sudah bersifat positif, tetapiiii karakter sangat bisa dibentuk! Saya selalu berprinsip ‘be the best version of ourself’.

Sosok paling kreatif?  Mengapa?

Bagi saya, sampai saat ini, sosok paling kreatif di dunia adalaaaah Steve Jobs. Steve Jobs selalu menciptakan inovasi-inovasi baru yang disukai banyak orang. Mouse, iPod, iTunes, iPhone, iPad adalah rangkaian inovasi-inovasi yang telah kita lihat semasa hidupnya.

Perusahaan paling kreatif?  Mengapa?

Apple! Begitu mendengar kalimat perusahaan paling kreatif, yang pertama terlintas di benak saya adalah Apple. Produk-produk yang dihasilkan perusahaan ini bisa dibilang unik dan berbeda dari produk Microsoft, IBM, dan perusahaan-perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama. Sebentar lagi Apple akan mengeluarkan iPhone 5, yang menurut saya sangat unik dan menarik. iPhone ini difituri teknologi hologram. Jadi, dengan menggunakan iPhone 5, kita dapat menonton hologram Youtube ataupun tayangan lainnya yang terproyeksikan keluar dari layar handphone. Sama halnya dengan keypad yang juga sudah dibuat menggunakan teknologi hologram. Pengguna bisa menarik keluar keypad dari monitor handphone dan mengetik di luar layar tersebut.

Advertisements